Cara Membuat Miniatur Ekosistem Hutan


Hallo sobat, kali ini kita akan membahas cara membuat miniatur titarium atau miniatur ekosistem. Banyak hal kenapa orang membuat miniatur ini, salah satunya adalah untuk memberi hiasan ruangan rumah agar terlihat lebih natural, sejuk dan sehat. Bagi kamu yang menyukai suasana hijau pasti menyukai dengan miniatur yang satu ini.

Cara membuat miniatur ekosistem tidaklah rumit, tetapi juga membutuhkan ketlatenan dalam merawatnya. Karena jika membuat tanpa ada perawatan maka tumbuhan yang kamu gunakan untuk miniatur ekosistem akan mati.

Cara Membuat Miniatur Ekosistem Hutan
Cara Membuat Miniatur Ekosistem Hutan
Nah bagi kamu yang berminat untuk titarium ini, langsung saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan dan lakukan langkah-langkahnya. Cekidot;

Cara Membuat Miniatur Ekosistem Hutan

1. Carilah tanaman yang ingin di gunakan merupakan tanaman yang tetap kecil meskipun tumbuh banyak. Akan lebih bagus jika kamu memilih tanaman yang cocok untuk keadaan lembab. Kamu bisa menggunakan tumbuhan pakisan atau rumput/lumut dan sebagainya.
2. Sediakan wadah untuk tempat ekosistem. Kamu bisa menggunakan toples kaca atau akuarium, yang terpenting wadah tersebut bisa di buka dan di tutup. Tetapi wadah yang yang saya anjurkan adalah mangkuk kaca atau toples kaca yang berukuran besar.
3. Sediakan bahan-bahan yang diperlukan
  • Tanah gembur,
  • Pupuk tanaman
  • Bibit lumut atau tanaman lumut
  • Penghiasa (kerang, kerikil, patung-patungan, dll)

4. Jika semua bahan dan alat sudah tersedia, sekarang kita mulai untuk membuat/meracik ekosistem
5. Langkah awal silahkan cuci bersih wadah toples yang sudah kamu siapkan. Pastikan bersih dari bakteri, kamu bisa menggunakan sabun diterjen.
6. Letakkan batu kerikil secukupnya.
7. Taruh bibit lumut atau tumbuhan lumut berada di atas batu yang sudah kamu masukkan tadi.
8. Beri tanah gembur berada di atas bibit lumut secara merata.
9. Berikan tanaman hias yang sudah kamu siapkan tadi, siilahkan di tata sebagus mungkin sesuai seni yang kamu inginkan.
10. Tambahkan hiasan lain seperti patung, kerang dll.
11. Beri sedikit air pada tumbuhan ekosistem kamu

Bagi kamu yang ingin melihat videonya secara lengkap, silahkan lihat dibawah ini. Video ini akan memudahkan kamu untuk mendapat gambaran bagaimana membuat miniatur ekositem yang baik.



Tips perawatan; Jagalah tanaman agar tetap lembap dan terlihat indah karena berwarna-warni. Jangan meletakkan terarium di sudut gelap; pilihlah tempat dengan banyak cahaya tidak langsung.

Itulah cara membuat miniatur ekosistem yang bisa kamu coba dirumah, semoga dapat membantu. Silahkan baca cara membuat miniatur lainnya. Sekian terimakasih.

0 Response to Cara Membuat Miniatur Ekosistem Hutan

Post a Comment